Materi sejarah Indonesia KELAS X ( Indonesia Zaman Hindu dan Buddha: Silang Budaya Lokal dan Global Tahap Awal ) KD 3.5 Menganalisis berbagai teori tentang proses masuknya agama dan kebudayaan Hindu dan Buddha ke Indonesia 4.5 Mengolah informasi tentang proses masuknya agama dan kebudayaan Hindu dan Buddha ke Indonesia serta pengaruhnya pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini serta mengemukakan-nya dalam bentuk tulisan INDIKATOR 1. Memahami teori-teori masuknya agama dan kebudayaan Hindu dan Buddha ke Indonesia 2. Menyajikan karya tulis tentang proses masuknya agama dan kebudayaan Hindu dan Buddha ke Indonesia serta pengaruhnya pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini TUJUAN Setelah Mebaca diharapkan mampu Memahami teori-teori masuknya agama dan kebudayaan Hindu dan Buddha ke Indonesia, Menyajikan karya tulis tentang proses masuknya agama dan kebudayaan Hindu dan Buddha ke Indonesia serta pengaruhnya pada kehidupan masya...
BAB 3 ETNOGRAFI A. Konsep Budaya Sebagai Objek Kajian Etnografi Pada dasarnya Budaya dalam bahasa Inggris dari kata culture, berasal dari bahasa Latin colere yang berarti ‘mengolah, atau mengerjakan’, khususnya mengolah tanah karena konteks pada masa itu bertani. Sementara itu “kebudayaan” dan “budaya” berasal dari bahasa Sanskerta buddhayah, bentuk jamak dari buddhi, yang berarti ‘budi’ atau ‘akal’ dan daya yang berarti ‘kekuatan’. Koentjaraningrat mengulas pendapat sarjana yang membedakan budaya dan kebudayaan (2009). Budaya adalah budi dan daya yang berupa cipta,karsa, dan rasa, sedangkan kebudayaan adalah hasil dari cipta, karsa, dan rasa itu (Koentjaraningrat, 2009). Namun, acapkali kata “budaya” dijadikan singkatan dari kata “kebudayaan” itu sendiri. Lebih jauh, Koentjaraningrat (1993) berpendapat kebudayaan didefinisikan sebagai keseluruhan sistem gagasan, tindakan, dan hasilkarya manusia dalam kehidupan masyara...
TOKOH-TOKOH NASIONAL DAN DAERAH DALAM MEMPERJUANGKAN KEMERDEKAAN KD 3.6 Menganalisis peran tokoh-tokoh nasional dan daerah dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia 4.6 Menulis sejarah tentang satu tokoh nasional dan tokoh dari daerahnya yang berjuang melawan penjajahan TUJUAN Setelah mempelajari materi ini peserta dididk diharapkan mampu memahami peran tokoh-tokoh nasional dan daerah dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dan mampu Menulis sejarah tentang satu tokoh nasional dan tokoh dari daerahnya yang berjuang melawan penjajahan Materi Kemerdekaan bangsa Indonesia dari penjajahan Jepang, Belanda, dan sekutu-sekutunya, tidak terlepas dari peran masyarakat Indonesia. Baik secara tindakan, maupun secara gagasan. Kita mengenal banyak nama tokoh nasional. Semua tokoh ini memiliki peran penting dalam menentukan ke mana arah bangsa kita. Pada artikel ini, kita akan bahas tokoh-tokoh nasional,...
Komentar
Posting Komentar